PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

a) Artikel yang akan dipublikasi dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian, dan pengembangan atau usulan gagasan baru yang berhubungan dnegan bidang manajemen, akuntansi, ekonomi, dan kewirausahaan.

b) Artikel yang diterima penyunting ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa Inggris dan tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain serta belum dipublikasikan dalam jurnal lain.

c) Naskah di ketik dengan komputer menggunakan Microsoft Word, diatas kertas ukuran A4, 2 kolom, spasi 1,5, jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 11 point. Naskah dapat dikirim dalam bentuk file. Panjang artikel sekitar 12-20 halaman termasuk daftar pustaka dan lampiran.

d) Judul Artikel harus mencerminkan dengan tepat masalah yang di bahas, dengan menggunakan kata-kata yang tepat, jelas dan mengandung unsur-unsur yang akan dibahas. Ukuran huruf untuk judul adalah Times New Roman 16 point bold (huruf besar). Nama penulis ditulis di bawah judul sebelum abstrak tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun, asal lembaga tempat penulis bernaung dan alamat email untuk korespondensi dengan ukuran 11 point bold.

e) Sistematika Penulisan

• Artikel Hasil Penelitian

Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak secara ringkas memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Panjang abstrak 50-75 kata yang disusun dalam satu paragraph dengan ukuran 10 point Times New Roman. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, yakni istilah yang mewakili ide-ide atau konsep dasar yang dibahas dalam artikel.
1. Pendahuluan
Berisi permasalahan penelitian, batasan masalah penelitian, serta tujuan dan manfaat penelitian.
2. Landasan Teori
Berisi konsep-konsep teori yang mendasari atau yang menjadi acuan penelitian yang dilakukan.
3. Metode Penelitian
Berisi rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, dan teknik analisis.
4. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berisi hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan, dan menginterpretasikan temuan-temuan.
5. Simpulan dan Saran
Berisi ringkasan dan penegasan penulis mengenai hasil penelitian dan pembahasan. Saran dapat berisi tindakan praktis, pengembangan teori baru dan penelitian lanjutan.
6. Daftar Pustaka
Diutamakan apabila sumber pustaka atau rujukan berasal dari lebih satu sumber seperti buku, jurnal, makalah, internet, dan lain-lain.

• Artikel Konseptual atau Non-Penelitian
Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak adalah ringkasan dari isi artikel yang dituangkan secara padat bukan komentar atau pengantar penulis. Panjang abstrak 50-75 kata yang disusun dalam satu paragraph dengan ukuran huruf 10 point Times New Roman. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, yakni istilah yang mewakili ide-ide atau konsep dasar yang dibahas dalam artikel.
1. Pendahuluan
Menguraikan hal-hal yang menarik perhatian pembaca, memberikan konteks bagi permasalahan yang akan dibahas, serta tujuan pembahasan.
2. Pembahasan
Berisi kupasan, analisis, argumentasi, komparasi, dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibahas.
3. Penutup atau Simpulan
Berisi penegasan sikap penulis atas masalah yang dibahas.
4. Daftar Pustaka
Diutamakan apabila sumber pustaka atau rujukan berasal dari lebih satu sumber seperti buku, jurnal, makalah, internet, dan lain-lain.

f) Tabel/gambar sebaiknya diletakkan pada halaman tersendiri, umumnya diakhir teks. Penulis cukup menyebutkan pada bagian didalam teks tempat pencantuman tabel atau gambar. Setiap tabel dan gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel dan gambar, serta dilengkapi dengan sumber kutipan.

g) Daftar pustaka disusun menurut alphabet penulis atau nomor urut. Urutannya dimulai dengan penulisan nama penulis, tahun, judul, penerbit, dan kota terbit. Nama penulis mendahulukan mendahulukan nama keluarga atau nama dibalik, tanpa gelar. Untuk kutipan dari internet berisi nama penulis, judul artikel, alamat website dan tanggal akses.

h) Sumber kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang berisi nama akhir penulis, tahun , dan nomor halaman bila perlu.
Contoh :
a. Kutipan berasal dari satu sumber dan satu penulis : (Hendra, 2008:22)
b. Kutipan berasal dari satu sumber dan dua penulis : (Ely dan Thomas, 2001), bila lebih dari dua penulis (Jensen, et.all, 2007) atau (Mulyadi, dkk, 2009).
c. Kutipan berasal dari dua sumber dengan penulis yang berbeda : (Hendra, 2008 dan Mulyadi, 2009)
d. Kutipan beresal dari dua sumber dengan penulis yang sama : (Hendra, 2008, 2010), jika tahunnya sama (Hendra 2008a, 2008b).
e. Kutipan berasal dari institusi : (BPS, 2009).

i) Daftar pustaka ditulis menurut urutan alphabet sesuai dengan nama akhir penulis tanpa gelar akademik, baik penulis asing maupun penulis Indonesia.
Contoh :
a. Satu Pengarang
Becker, Gary S. 1993, Human Capital , A Theoritical and Empirical Analysis with Special
Reference to Education, Third Edition, Chicago : The University of Chicago Press.

b. Dua Pengarang
Van Horne, J. and J. M. Wachowicz. 1997, Fundamentals of Financial Management, Eleventh Edition, USA : Prentice Hall Inc.

c. Referensi Jurnal/Majalah Ilmiah
Garbarino, E. and M.S. Johnson. 1999, “The Different Roles of Satisfaction , Trust, and Commitment in Customer Relationships”, Journal of Marketing, Vol 63, p.70-87.

d. Referensi dari Institusi
Ikatan Akuntansi Indonesia. 1994, “Standar Profesional Akuntan Publik”, Jakarta, Devisi Penerbitan IAI.

e. Referensi dari Makalah/Proceeding
Mayangsari, Sekar, dan Murtanto. 2002, “Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Pembentukan Komite Audit”, Proceeding Simposium Surviving Strategies to Cope With the Future , Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FE UAJY), Yogyakarta.

f. Referensi dari Situs Internet
Sulistyanto, H. Sri. 2003,”Good Corporate Governance : Bisakah Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat?,”http://artikel.us/sulistyanto1.html, diakses pada 29/08/2007.

j) Isi tulisan bukan tanggung jawab penyunting. Penyunting berhak mengedit redaksionalnya tanpa mengubah arti. Naskah yang tidak memenuhi syarat atau yang tidak akan diterbitkan tidak dikembalikan kecuali ada permintaan dari penulis.

k) Redaksi berhak menentukan naskah yang akan diterbitkan di jurnal.